“TUGAS KITA HANYA MEMBERI”

Kategori Islam, Motivasi0 Komentar

“Kalau mau ngasi orang/sedekah itu liat-liat orangnya. Kalau tubuhnya masih sehat, masih muda gausah dikasih.” Ini kalimat yang sering dilontarkan orang-orang kalau ketemu dengan orang yang meninta-minta. Kalian gitu juga gak sih? Kalo aku, iya. Tapi mulai sekarang, aku akan berusaha men-setting ulang fikiran itu.

Waktu itu, bapak Sena lagi main tuh ketempat jualannya Sena. Pas kami lagi bincang-bincang, datang ibu dengan badan yang masih sehat [agak gemukan malah] menghampiri kami dan menjulurkan tangannya untuk meminta. Sena mah diem aja. Dalam hati “badan masih sehat, masih muda juga, ngapain dikasih.” Terus bapak negur, “aduh. Bapak gak bawa uang pulak tadi kesini. Kasi dulu uangmu.” Sena dengan wajah agak berat dan agak-agak cuek Sena bilang juga “gak ada.” Baru dia suruh anggota Sena untuk ambil uang di laci jualan. Ya ampun. Segitunya bapak. Sena bilang,

“pak, ngapain dikasih sama dia. Badannya msih sehat, masih muda. Paling juga rumahnya gedongan.” Terus bapak bilang,

“ITU BUKAN URUSANMU! Tugasmu hanya MEMBERI. Masalah yang lain urusan Allah. Jangan menyangka-nyangka hal yang kau gak tau. Bisa jadi dia lagi butuh. Allah pasti balas setiap perbuatan manusia, Baik atau buruknya.”

Sebenarnya Sena juga masih agak berat menerima kata-kata bapak. Karena mungkin sudah menancap dalam kalimat memberi itu pilih-pilih ya. Astaghfirullah, aku coba berlapang dada menerima kata-kata bapak. Memang BENAR yang dia bilang. Kenapa lagi harus disangkal. Toh, memang setiap perbuatan ada balasannya. Tugas kita hanya melakukan yang terbaik.

Sebenarnya ini bukan kali pertama bapak bilang gitu ke sena. Mungkin sudah kesekian kali. Hanya saja mungkin sena masih kalah denga fikiran sena sendiri. Benar, Allah akan balas setiap perbuatan yang kita lakukan. Kebaikan akan dibalas dengan yang baik pula, berlipat ganda malah balasannya. Begitu juga dengan keburukan. Kalimat ini yang mulai sekarang sena ulang-ulang agar tertancap di kepala sena.

Wallahu a’lamu bisshawab….

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *